Selasa, 06 Oktober 2009

SEMINAR PENULISAN ILMIAH

Zakiah Muhammad Syahab , 21206088

ANALISIS PENGARUH PENAGIHAN PAJAK DAN SURAT PAKSA PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDRAL PAJAK JAKARTA PUSAT

Penulisan Ilmiah, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009.

Kata kunci : Penagihan Pajak, Surat Paksa Pajak, Penerimaan Pajak Penghasilan



( ix + 97 + Lampiran )


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) kondisi penagihan pajak, surat paksa pajak dan penerimaan pajak penghasilan badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat, dan 2) pengaruh penagihan pajak dan surat paksa pajak baik secara simultan maupun secara parsial terhadap penerimaan pajak penghasilan badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu akuntansi khususnya auditing dan pelaporan keuangan. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah penentuan sampel dengan menggunakan kriteria (pertimbangan) tertentu, dengan mengambil 6 KPP Pratama di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Pusat dengan periode pengamatan yaitu mulai tahun 2003 sampai dengan 2007. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

Penelitian ini menggunakan metode statistika deskriptif analitis,yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda,dimana variabel dependen dimana dalam hal ini penerimaan pajak penghasilan badan dipengaruhi oleh dua variabel independent ,yaitu penagihan pajak dan surat paksa pajak dan masing-masing variabel independen mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penagihan pajak di setiap KPP Pratama Kanwil DJP Jakarta Pusat secara umum sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan tata cara tindakan penagihan, Surat Paksa Pajak juga secara umum masih rendah 2) Dalam kurun waktu selama 5 (lima) tahun yaitu tahun 2003 sampai dengan 2007, jumlah penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Badan di KPP Pratama Kanwil DJP Jakarta Pusat terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan 3) Penagihan Pajak dan Surat Paksa Pajak baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Badan.

Daftar Pustaka ( 1983 - 2007 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar