Kamis, 08 Oktober 2009

Tantangan-tantangan bagi seorang auditor pajak

Seorang auditor pajak sebagai PNS ternyata begitu berat dalam menjalani tugasnya. Ketika saya kerja di salah satu konsultan pajak di Jakarta Utara, saya mempunyai seorang teman yang kerja sebagai auditor pajakdi salah satu KPP Pratama Jakarta, begitu banyak cerita yang sering kami bagi bersama.
Sekilas kita lihat pekerjaannya begitu mudah karena hanya melakukan koreksi fiskal atas laporan keuangan yang dilaporkan oleh para Wajib Pajak, namun adapun kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, antara lain :
1. Masih begitu banyaknya Wajib Pajak yang masih salah melaporkan kaporan keuangannya, sehingga begitu banyak yang harus diperiksa,
2. Wajib Pajak terkadang tidak melaporkan laporan keuangannya sesuai dengan yang sebenarnya, sehingga menyulitkan bagi auditor untuk melacaknya,
3. Kurangnya ketaatan dari Wajib Pajak,
4. dll
begitu sulitnya jadi pelayan masyarakat, namun dia selalu bilang bahwa dengan selalu jujur kita akan mendapatkan nikmat yang tak terkira. Sudah sepatutnya kita contoh seorang auditor independen yang jujur ini, karena hidupnya sangat sederhana dibanding teman-temannya yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar